ABOUT FECEBOOK



SAYA,ANDA,DIA,MEREKA para peselancar dunia maya yang sering berjelajah dari situs satu ke situs lainnya pasti takkan lupa untuk nongkrong atau paling tidak sekedar mampir ke salah satu situs yang lagi meroket saat ini. Situs apa itu? Ya, tentu saja situs facebook! Saat ini siapa yang tidak mengenalnya? Bisa dipastikan orang yang melek huruf dan pernah berinternet pasti mengetahui situs yang satu ini. Bahkan mereka yang dulunya hanya berinternet untuk sekedar membuka email kini pun mulai betah berlama-lama di depan komputer untuk mengulak-ngulik akun Facebook-nya.

Data berbicara saat ini ada sekitar 175 juta profil aktif di situs Facebook dan setiap profil rata-rata memiliki 120 teman. Durasi pengaksesan profil berjumlah sekitar 3 miliar menit/hari dan lebih dari 18 juta pengguna meng-update profilnya setiap hari [data lengkap]. Lebih lanjut, menurut penelitian yang dilakukan oleh Student Monitor, Facebook termasuk dalam jajaran benda/hal kedua yang diingini oleh para pelajar/mahasiswa di AS setelah Ipod.

Tapi tahukah anda bahwa Facebook dulunya hanya sebuah situs eksklusif yang dikhususkan untuk anak-anak kampus Harvard saja? Lalu tahukah anda ternyata si pencipta situs ini pernah digugat di pengadilan atas tuduhan penjiplakan hak intelektual dan source code dari perusahaan lain? Selain itu benarkah Facebook memiliki situs kembaran?
 
So, bagi yang tertarik lanjut mengetahui seluk beluk facebook lebih dalam berikut akan dipaparkan secuil kisah sejarahnya.



Facebook termasuk dalam kategori situs jejaring sosial seperti Friendster, MySpace, Multiply, Yuwie, dll yang menyediakan media bagi para penggunanya untuk saling bertukar informasi dan berinteraksi. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama Facebook sendiri diinspirasi oleh Zuckerberg dari sebuah istilah di kalangan kampus seantero AS untuk saling mengenal antar sesama civitas akademiknya. Awalnya para penggunanya hanya dikhususkan bagi para mahasiswa di kampus Harvard University. Lalu kemudian diperluas ke sejumlah kampus di wilayah Boston (Boston College, Boston University, Northeastern University, Tufts University) dan kampus-kampus lainnya seperti Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, and Ivy League. Menyusul kemudian sejumlah kampus lain di AS. Akhirnya, penggunanya lebih diperluas lagi ke sejumlah kampus lain di seluruh dunia. Tanggal 11 September 2006, Facebook membuat satu langkah penting dengan mengizinkan aksesnya ke seluruh netter yang mempunyai alamat email valid, namun, dengan pembatasan usia.

Sejarah dan Perkembangan

Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.1

Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.


2004

Tidak kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2

Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.

Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.

Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.


2005

Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.


Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.

2006

Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.

2007

Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.

2008

Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar

Effects Negative dari fecebook

Jadi, ada Anda, pada hari Sabtu pagi dengan secangkir kopi favorit Anda membelai indra Anda dan santai otak Anda, duduk di meja Anda dan browsing di Facebook. Anda memiliki 34 pemberitahuan baru sejak semalam bahwa Anda log out, undangan kelompok 5, 1 halaman menyarankan, 2 undangan penyebab dan 3 permintaan teman, salah satunya adalah dari orang yang tidak dikenal. Anda tidak baru di Facebook. Anda telah menggunakannya selama hampir dua tahun sekarang. Dan apa yang Anda lakukan ini hari Sabtu pagi adalah apa yang Anda sudah melakukan hampir semua hari Sabtu pagi karena Facebook bergabung kehidupan Anda. Bila cuaca bagus, Anda mengabaikan setengah dari undangan untuk aplikasi baru dan Anda cepat menerima kelompok dan undangan penyebab sehingga Anda pergi keluar dan menikmati hidup. Baru kemudian, ketika cuaca buruk dan Anda harus tinggal di dalam rumah, Anda mulai menghapus aplikasi, penyebab, kelompok dan masyarakat. Dan ini berlangsung terus dan terus, tanpa henti. Apakah Anda telah menyadari atau tidak, Facebook adalah bagian nyata dari hidup Anda, adalah mitra nyata siapa Anda harus melihat untuk pagi dan mencium untuk malam yang baik. Apa perubahan dari waktu ke waktu adalah gelar Anda kecanduan; seperti yang terjadi dengan semua hubungan cinta-benci.
Anda tidak berpikir Anda seorang pecandu Facebook. Jaringan sosial adalah hanya bagian dari generasi Anda yang terasa lebih nyaman dengan pesan teks, chatting dan komunikasi online. Tapi, hei! Generasi Anda menghitung hampir empat puluh tahun sudah, sementara Facebook adalah sekitar lima terakhir. Seharusnya, jaringan sosial ini ditujukan kepada generasi berikutnya, anak-anak Anda. Tapi, jika Anda melihat kontak Anda, Anda akan menemukan orang-orang yang pada usia anak-anak Anda. Kesenjangan generasi dijembatani ketika datang ke Facebook. Facebook bisa digunakan untuk alasan pribadi atau untuk mempromosikan bisnis Anda dan mendapatkan eksposur yang lebih besar. Ini adalah bagian yang baik. Namun, sebagian besar orang menggunakannya terutama untuk alasan pribadi karena Facebook memiliki begitu banyak aplikasi, permainan dan alat-alat yang setiap orang dapat bergabung secara gratis dan menjalani 'sosial' hidup mungkin dengan biaya.
Akun Anda telah menyusup ke bulan lalu. Anda telah kehilangan file berharga dari komputer Anda dan Anda harus memformat disk anda dan upload semua file Anda, program dan aplikasi dari awal. Anda kehilangan uang, waktu dan di atas semua, saraf Anda. Anda merasa begitu tidak aman yang tiga pertama, empat hari, Anda bersumpah Anda tidak akan menggunakan Facebook lagi. Tapi, di sini anda akan, di meja Anda, melakukan hal yang biasa.
Anak perempuan dari seorang rekan telah mengintai tiga bulan lalu. Dia bertemu dengan seseorang di Facebook, seseorang yang merupakan teman umum dari seorang temannya, mereka mulai chatting di msn, pada awalnya itu di pagi hari, maka menjadi di malam hari, sampai dia memberitahunya di mana dia tinggal di satu malam, ada dia di luar rumahnya. Dia telah mengamatinya selama dua bulan sampai dia menyerangnya. Dia cukup beruntung untuk tidak diperkosa. Ketika Anda mendengar cerita, Anda berpikir 'dia tidak pernah harus memberitahunya di mana dia tinggal, ini adalah apa yang saya kirim ke anak saya'.
Nilai anak Anda telah memburuk sejak dia membuka akun Facebook. Dia menghabiskan terlalu banyak waktu di atasnya, lebih dari apa yang dia pakai untuk video game dan tidak banyak yang dapat Anda lakukan karena ia melihat Anda melakukan hal yang sama pada Sabtu pagi. Meskipun Anda dapat melakukan tugas-tugas yang lebih penting, Anda surfing dan browsing di Facebook. Anda tidak dapat mengajar anak-anak Anda dengan contoh jika Anda tidak mengikuti satu.
Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa segera setelah Facebook datang ke bisnis, Anda mengigau terlibat ke dalam cara baru berkomunikasi. Ini tidak selalu hal yang buruk. Hal-hal baru mencicipi yang berkembang di dunia adalah tanda kemajuan. Namun, dengan Facebook perilaku Anda telah berubah secara dramatis.
Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda, Anda merasa seperti berbagi dengan kontak Anda pada baris status Anda. Anda memposting pemikiran Anda dan Anda mengharapkan komentar dan ketika komentar itu datang, Anda tersenyum jika Anda suka atau Anda cemberut jika tidak apa yang Anda harapkan. Tiba-tiba, benar-benar orang asing yang penting bagi Anda dan komentar mereka memanfaatkan nilai Anda sebagai pribadi. Dan secara tidak sadar Anda menggolongkan orang ke dalam 'baik' dan 'buruk' tanpa tahu mereka. Jelas, seperti yang terjadi dengan persahabatan yang nyata, Anda tidak memiliki derajat yang sama komunikasi dan kontak dengan semua teman online, tetapi Anda tidak bisa memberitahu siapa yang yang karena Anda belum pernah bertemu mereka. Namun, Anda menghargai mereka seperti nyata.
Setiap kali Anda pergi dengan keluarga, teman atau rekan kerja, setiap kali Anda menembak gambar dari acara khusus dari hidup Anda, Anda perlu meng-upload mereka di Facebook sehingga kontak Anda melihat di mana Anda telah dan apa yang Anda lakukan. Dan dari 200 gambar Anda telah ditembak, Anda meng-upload hanya 50 bahwa Anda melihat benar-benar baik, cantik dan seksi. Jelas, ini adalah apa yang kontak Anda lakukan juga. Jadi, ini adalah alasan lain mengapa Anda tidak bisa mengatakan siapa yang yang sampai Anda bertemu seseorang untuk nyata.
Halaman profil Anda penuh dengan informasi tentang Anda, siapa Anda, di mana Anda bekerja di, apa musik favorit, film favorit Anda, buku dan serial TV, apa keyakinan Anda keagamaan dan politik, studi Anda dan minat Anda. Sebagai soal fakta, Anda berbagi terlalu banyak informasi dengan orang lain, yang sama sekali asing. Beberapa pengguna Facebook mengambil risiko yang lebih tinggi dari yang Anda dan memakai alamat rumah dan nomor telepon. Ini mungkin bagaimana penguntit menemukan jalan pulang tanpa perlu untuk chatting pertama.
Pertahanan Anda untuk semua di atas adalah bahwa situs jaringan sosial tidak dapat menggantikan persahabatan Anda yang sesungguhnya. Anda tidak benar-benar berkomunikasi dengan orang online saat Anda berkomunikasi dengan orang-orang nyata siapa Anda dapat melihat, mendengar dan menyentuh. Namun, jika Anda berpikir kembali selama dua tahun, ada saat-saat bahwa orang nyata tidak tersedia pada saat Anda membutuhkan, sementara orang online ada di sana dan didukung Anda, dan Anda lakukan berkomunikasi dengan mereka.
Jadi, itu tidak semuanya salah tentang Facebook. Dalam banyak kasus, Anda dapat mengejar ketinggalan dengan teman lama, menemukan informasi berharga, mempromosikan pekerjaan Anda dan bisnis Anda, mendukung penyebab-benar penting dan bertemu orang yang bisa menjadi teman sejati dalam proses. Apa yang salah dengan Facebook adalah keterlibatan ritual yang berubah menjadi kecanduan dan belligerently menghalangi Anda dari kehidupan nyata Anda dengan memicu Anda untuk login beberapa kali sehari.

Situasi Situs

Pengguna Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi.

Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.

Microsoft adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet marketing) saat ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.

Dalam hal tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster. Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS, sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.

Fitur

Facebook memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya adalah fitur ‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling mencolek secara virtual, ‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan ‘Status’ yang menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007, Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan, aplikasi, dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja.

Seiring perjalanan waktu, Facebook menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya. Pada September 2006, Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat keluhan dari beberapa pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang tidak.

Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal, Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7 April 2008, Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung dan real time.

Fitur ‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah fitur untuk saling berkirim hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook memperkenalkan ‘Marketplace’ yang mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.

Juli 2008, Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook merapikan tampilan “Home/Beranda”.

Platform

Pada 24 Mei 2007, Facebook mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi para pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di Facebook. Langkah ini segera disambut oleh para pengembang software sehingga sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak 660.000 pihak.

Perkembangan Negatif


  • Pada Desember 2008, Mahkamah Agung Australia memutuskan menggunakan data-data pengguna Facebook sebagai salah satu dasar dalam penentuan putusan perkara.
  • Universitas New Mexico pada Oktober 2005 memblokir akses Facebook dalam jaringannya dengan dalih situs Facebook bukan merupakan situs penunjang kampus. Pemerintah Provinsi Ontario, Kanada juga memblokir akses Facebook dengan alasan yang hampir serupa.
  • Beberapa negara sampai saat ini masih melarang akses Facebook ke warga negaranya. Pemerintah Syria melarang akses Facebook dengan alasan situs ini akan dimanfaatkan oleh Israel untuk meluaskan pengaruhnya. Pemerintah Iran juga memblokir Facebook karena khawatir media ini akan digunakan pihak oposisi untuk menggalang jaringannya.
  • Pada 5 Februari 2008, seorang warga negara Maroko, Fouad Mourtada, ditahan oleh kepolisian setempat karena membuat profil palsu atas nama Pangeran Moulay Rachid yang merupakan salah satu anggota keluarga Kerajaan Maroko.
  • Sejumlah pengguna yang ingin keluar dari jaringan Facebook mengeluh kesulitan dalam menghapus profilnya. Hal ini terjadi karena sebelumnya Facebook hanya mengizinkan pengguna untuk sekedar deaktivasi saja sedangkan data-data pribadi tetap tersimpan dalam server Facebook. Kebijakan ini banyak dikritik oleh para pengguna yang ingin benar-benar menghapus seluruh datanya. Menanggapinya, pihak Facebook kemudian merubah kebijakan pada 29 Februari 2008 sehingga sejak saat itu pengguna yang ingin keluar dapat meminta data-data pribadinya untuk dihapus sama sekali dari jaringan Facebook.
  • Pada 2004, ConnectU, sebuah situs yang mirip dengan Facebook, membuat tuntutan hukum kepada Zuckerberg atas tuduhan penjiplakan ide kreatif dan source code. Para pendiri ConnectU (Divya Narendra, Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss) yang merupakan rekan sekelas Zuckerberg di Harvard beranggapan bahwa konsep dasar Facebook adalah ide mereka dan Zuckerberg hanyalah orang yang disewa untuk mendesainnya.
  • Seorang warga negara Kanada, Adam Guerbuez, pernah memanfaatkan situs Facebook untuk mengiklankan produk pembesaran penis dan penggunaan mariyuana. Pihak Facebook kemudian menggugat Guerbuez di pengadilan setempat dan memenangi gugatan itu.
  • Pada 24 Juli 2008, Grant Raphael, seorang warga Inggris diseret ke meja hijau atas tuduhan membuat profil palsu yang isinya menghujat mantan rekan bisnisnya, Mattew Firsht, sebagai seorang homoseksual.
  • Pesepakbola tenar Italia, Alessandro Del Piero menggugat Facebook pada 9 Februari 2009 karena memuat profil palsu dirinya yang berisi tautan-tautan ke berbagai situs propaganda Nazi. Del Piero kemudian menyatakan bahwa ia bukan pendukung Nazi dan sama sekali tidak pernah memiliki akun apapun di Facebook.
Photobucket, kantor facebook, facebook office, wikipedia facebook, facebook in palo alto california, sejarah mark zuckerberg, profil mark zuckerberg, biografi mark zuckerberg, sejarah jejaring sosial, sejarah social media

Kondisi Terkini

Terlepas dari berbagai kontroversi di atas tak bisa dipungkiri bahwa demam Facebook sedang mewabah di seluruh dunia. Jadi kini tergantung anda sendiri memanfaatkan Facebook untuk tujuan apa dengan mempertimbangkan resiko-resiko yang menyertainya.

Apapun itu, saat ini menurut comScore Facebook adalah situs jejaring sosial terkemuka di dunia mengalahkan MySpace dan menurut Alexa untuk peringkat global berada di peringkat kelima, hanya kalah dari Google, Yahoo, Youtube dan Live. Sedangkan penghargaan yang pernah diterima adalah "Top 100 Classic Websites" tahun 2007 dari PC Magazine dan "People's Voice Award" tahun 2008 dari Webby Awards.

Konsep Facebook kini juga banyak dijiplak di beberapa negara yang di antaranya adalah:
StudiVZ — yang memiliki versi-versi bahasa:
Jerman: studiVZ.de
Perancis: studiQG.fr
Italia: studiLN.it
Spanyol: estudiLN.es
Polandia: studentIX.pl
Hungaria: iwiw.hu

Selain StudiVZ, ada juga:


Sekilas Data



Perusahaan: Perseroan
Didirikan: Cambridge, Massachusetts (4 Februari 2004)
Kantor Pusat: Palo Alto, California & Dublin, Irlandia (Kantor Pusat Internasional untuk Eropa, Afrika, dan Timur Tengah)
Tokoh Kunci: Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO), Dustin Moskovitz (Co-founder),Sheryl Sandberg (COO), Matt Cohler (VP of Product Management), Chris Hughes (Co-founder)
Pendapatan: USD 300 juta (2008)
Karyawan: 700 (November 2008)
Situs web: www.facebook.com
Versi Bahasa: Afrika, Arab, Bengali, Bulgaria, Catalan, China, China (Hong Kong), China (Taiwan), Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris (American), Inggris (British), Filipino, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hungaria, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Korea, Lithuania, Melayu, Norwegia (bokmål), Polandia, Portugal (Brazil), Portugal, Rumania, Russia, Serbia, Slovenia, Spanyol (Castilian), Swedia, Thai, Turki, Vietnam, Wales.
Tags: , ,

Tentang Author | 609magz

Berbagi segalanya yang terbaik merupakan tujuan kami seumur hidup,
Karena "Hidup Hanya Sekali, Gunakan Blog Untuk Berbagi".
Dan melalui ini kami ingin bersilaturrahmi menjalin hubungan tanpa henti.
Blog untuk berbagi dan bersilaturrahmi. Itu saja, yang lain karang sendiri !
Terima Kasih, Salam Blogger. Komennya jangan di bawa pulang, taruh saja di bawah ini....!